One Day Trip Manado (Nain, Siladen and Bunaken)

4:51 AM

 
Resiko moving atau tinggal di daerah wisata salah satunya adalah temen-temen atau sodara kalian bakal datang mengunjungi dengan alasan kangen. well, selama tinggal di Manado hampir setiap bulan either sodara, temen atau mantan dateng untuk berkunjung. rata-rata alasannya adalah kangen, alasan yang sweet sih sebenernya, tapi selama periode berkunjung mereka otomatis kalian akan diminta untuk menjadi personal guide dan mengunjungi tempat-tempat yang ada di sekitar kalian. Sebenernya ngga ada masalah untuk menjadi personal guide atau bahkan professional guide selama itu ngga ganggu pekerjaan lo. yang jadi masalah adalah lo pasti akan ngerasa super bosen mengujungi tempat-tempat itu-itu lagi dan kadang bukan ngga mungkin lo harus keluarin budget lebih untuk "endorse" temen lo tersebut. lagi-lagi ya resiko. 

Beberapa waktu lalu sempat kedatangan temen lama yang notabene adalah orang menginspirasi gw untuk secepat mungkin sukses dan bisa traveling ke tempat yang gw mau. ditengah kerjaan yang lagi padat-padatnya, dan hati yang lagi galau-galaunya akhirnya gw putusin untuk ajak temen gw ini ikut one day trip ke Pulau Nain, Siladen dan Bunaken, which is gw sudah beberapa kali ke 3 pulau ini. kenapa pilih one day trip? pertama karena hemat, super hemat dibanding harus sewa kapal yang kira-kira 1 juta, sedangkan one day trip ini cuma ngabisin sekitar Rp. 200k, udah dapat sarapan pagi, makan siang dan snack. kedua,gw sebelumnya udah pernah ikut one day trip ini dan pengalaman yang gw dapet cukup menyenangkan, mas-mas nya cukup pengalaman dan hapal banget spot-spot yang aman untuk snorkling bagi pemula. yang ketiga, nambah temen baru karena one day trip ini akan diikuti oleh kurang lebih 20 orang, yang biasanya backgroundnya para pejalan dan kesempatan juga buat sharing pengalaman.

 

Trip biasanya diadain di weekend dan bisa dipesen H-1. peserta trip biasanya diminta kumpul setengah 8 pagi dan kapal akan berangkat jam 8 pagi. untuk tujuan pertama pulau Nain yang letaknya paling jauh dari kota sekitar 1 jam. nain ini merupakan pasir timbul yang harusnya kalo jam-jam 9an gitu biasanya muncul dan akan tenggelam lagi sekitar jam 12 keatas, jadi nain merupakan destinasi pertama. nah di Nain ini biasanya peserta trip cuma photo doang dan lanjut ke siladen untuk makan siang. di Siladen peserta turun di pulau untuk makan siang dan dikasih waktu sekitar1,5 jam untuk makan dan photo, ya personally gw suka banget sama siladen karena sepi dan karangnya bagus banget, tapi kalau cuma 1,5 jam ngga akan cukup buat muterin pulau atau snorkling. jadi buat kalian yang mau ke siladen gw saranin sewa boat sendiri dari manado, atau datang pake kapal penduduk lalu menginap. penginapan di siladen cukup terjangkau, sekitar 250 ribu untuk 1 orangnya, udah dapet 3 kali makan.


Selanjutnya setelah selesai makan, trip berlanjut ke Bunaken, di Bunaken kegiatannya snorkling, sewa alat sendiri sekitar 150 ribu, photo dalem air sampe keselek, dan selesai. trip biasanya selesai sekitar pukul 5 sore dan kapal kembali ke manado. estimasi tiba kembali di Manado sekitar jam 6 atau 7 malam. sebenernya cukup menyenangkan ikut one day trip, tapi kalau lo punya budget lebih saran gw sewa kapal sendiri dikarenakan akan lebih bebas dan yang pasti bisa lebih lama di tempat-tempat yang lo ingin explore. well, ada plus minus nya sih. tapi overall trip yang gw ikutin ini recommended lah kalau misalnya kalian cuma punya waktu 1 atau 2 hari mengunjungi manado.



You Might Also Like

1 COMENTARE

  1. Kak kalo boleh tau, pake travel apa yg one day trip nya 200k? Thank you

    ReplyDelete

comments